Rabu, 02 Desember 2015

Lomba Kepenulisan IAIN SURAKARTA MEMBACA 2015





PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS) LOMBA KEPENULISAN
IAIN SURAKARTA MEMBACA 2015

  1. Syarat Umum :
1.       Syarat Umum:
a.       Dalam event ini diadakan beberapa lomba yakni: Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Cipta Puisi, Lomba Cerpen, dan Lomba Essai (Student Islamic Award).
b.       Lomba ini terbuka untuk umum (Pelajar/Mahasiswa) usia 15-21 tahun (dibuktikan dengan Kartu Pelajar/KTP) wilayah tinggal / kelahiran Soloraya.
c.        Mengisi Formulir Pendaftaran yang disediakan panitia / bisa mengunduh secara langsung di Fanspage : LKPM Seribu Pena IAIN Ska.
d.       Setiap peserta boleh mengikuti lebih dari satu perlombaan, akan tetapi hanya boleh mengirmkan satu karya terbaiknya pada setiap lomba.
e.        Memperhatikan ejaan penulisan sesuai EYD, tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi.
f.         Membayar biaya pendaftaran via Bank ke No.Rek: 0182-01-033428-50-8 a.n. ISMANU EKO BUDIYANTO (BRI), setelah membayar harap konfirmasi ke panitia 085728933661 (Fitria) / 08562221916 (Dafit).
g.       Pendaftaran Lomba bisa dilakukan secara kolektif atau bisa dengan mendaftar mandiri ke panitia via sms, dengan format: LKISM_Nama Peserta_Sekolah/Institusi_Lomba yang diikuti Kirim ke:  085728933661 (Fitria) / 08562221916 (Dafit). Maksimal pendaftaran tanggal 07 Desember 2015.
h.       Karya dikirimkan ke panitia dalam bentuk softfile melalui alamat email: selalugenius09@ymail.com .  File dilampirkan (attachment), bukan di badan email. Lampiran berupa : karya peserta, scan KTP/Kartu Pelajar, Scan bukti pembayaran, formulir pendaftaran. Dikirimkan maksimal tanggal 09 Desember 2015 pukul 21.59 WIB.
i.         Karya yang dikirimkan adalah karya asli (orisinil), bukan saduran atau jiplakan, belum pernah dipublikasikan di media manapun dan tidak sedang diikutkan dalam lomba sejenis.
j.         Akan diambil 10 karya terbaik pada setiap lomba, peserta yang masuk dalam Top 10 karya WAJIB untuk datang dan mempresentasikan karyanya di IAIN Surakarta pada tanggal 18 Desember 2015.
k.       Akan diambil Juara 1, 2, dan 3 pada setiap lomba dan pemenang akan mendapatkan Trophy, Piagam Penghargaan, dan Bingkisan spesial dari panitia.
l.         Pengumuman pemenang akan disampaikan pada puncak acara IAIN Surakarta Membaca 2015 pada tanggal 22 Desember 2015.
m.     Seluruh karya yang diikutkan lomba menjadi hak panitia, termasuk dalam penyertaan karya-karya terbaik yang akan dibukukan menjadi antologi karya.
n.       Keputusan dewan juri dan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

2.       Syarat Khusus:
a.       LOMBA SIA (Student Islamic Award) 2015
·      Tema SIA  “Wujudkan Pelajar Islam yang aktif, berkarakter, dan berprestasi”.
·      Deskripsi Lomba: Lomba ini spesial ditujukan untuk teman-teman pelajar dan mahasiswa rentang usia 15-21 tahun yang memiliki segudang minat dan bakat serta berprestasi juga di sekolah/universitas. Misalnya pernah dapat juara lomba mewakili sekolah tingkat kota, propinsi bahkan nasional, sering menjadi juara kelas, aktif di organisasi sekolah/kampus seperti OSIS, ROHIS, DA, BEM, UKM, LSO, HMJ, dan lainnya, Pernah menjadi Relawan dalam lembaga sosial, dll.
·      Kamu yang merasa mempunyai kriteria diatas bisa ikutan dengan membuat sebuah Essai dengan Tema tersebut.
·       Format Penulisan:  Font Cambria 12pt, Ukuran Kertas A4, Margin 3,3,3,3 spasi 1,5. Banyak halaman 2-3 halaman “tidak termasuk biodata narasi peserta” (Save pada Ms.Word 2003 / 2007).
·      Sertakan scan / foto piagam penghargaan juara lomba atau surat pengantar keaktifan menjadi pengurus lembaga organisasi siswa / mahasiswa yang ditandatangani minimal ketua umum dan pembina atau bagian kesiswaan/ kemahasiswaan (jumlah piagam tidak dibatasi, lebih banyak lebih bagus).
·      Format isi : Halaman Judul “sertakan logo institusi/sekolah”, halaman selanjutnya  diawali dengan judul karya dan nama peserta  contoh: Berprestasi itu Mudah, Oleh: Farhan Yudistira, isi karya, daftar pustaka (jika ada), diakhir karya sertakan narasi singkat biodata peserta yang berisi nama, asal instintusi/sekolah, TTL, no.Hp, e-mail, facebook, alamat, dan tips menjadi pelajar berprestasi versi peserta.
·      Batas maksimal pengumpulan karya pada 09 Desember 2015 pukul 21.59 WIB.
·      Biaya Registrasi Rp. 15.000/karya/peserta.
·      Akan diambil Juara 1, 2, dan 3 pada setiap lomba dan pemenang akan mendapatkan Trophy, Piagam Penghargaan, dan Bingkisan spesial dari panitia.

b.       LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) REMAJA
·      Tema LKTI Remaja “Menjadi Generasi Cerdas untuk Indonesia yang lebih Bermoral”.
·      Deskripsi Lomba: Lomba ini bersifat Tim, satu Tim beranggotakan 2 orang (boleh dari jurusan yang berbeda asal tetap dalam satu sekolah/institusi). Anggota kelompok boleh dua laki-laki, dua perempuan, atau laki-laki dan prempuan.
·      Format penulisan: Font Times New Roman 12pt, Ukuran kertas A4, Margin 3,3,3,3 spasi 1,5. Jumlah maksimal halaman 15 halaman “tidak termasuk biodata narasi peserta” (Save pada Ms.Word 2003 / 2007).
·      Format Isi: Halaman Judul “sertakan logo institusi/sekolah”, halaman pernyataan orisinalitas karya, daftar isi, isi karya, kesimpulan, daftar pustaka, diakhir karya sertakan narasi singkat biodata peserta “kedua anggota tim” yang berisi nama, asal instintusi/sekolah, TTL, no.Hp, e-mail, facebook, alamat, dan tips menjadi pelajar berprestasi versi peserta.
·      Batas maksimal pengumpulan karya pada 09 Desember 2015 pukul 21.59 WIB.
·      Biaya Registrasi Rp. 25.000/karya/tim.
·      Akan diambil Juara 1, 2, dan 3 pada setiap lomba dan pemenang akan mendapatkan Trophy, Piagam Penghargaan, dan Bingkisan spesial dari panitia.

c.        LOMBA CERPEN
·      Tema Cerpen “Warna-Warni Duniaku”.
·      Deskripsi Tema: karya menceritakan tentang keseharian perilaku atau kegiatan remaja usia 15-21 tahun, bisa di sekolah, kampus, atau dimanapun sesuai keinginan penulis. Boleh berdasar kisah nyata, fiktif, atau campuran.
·      Format penulisan: Font Arial, Ukuran 11pt, Margin standar 3cm pada setiap sisi, spasi 1,5.
·      Ukuran Kertas A4 dengan format doc / docx dengan panjang tulisan 3-5 halaman “tidak termasuk biodata narasi peserta” (Save pada Ms.Word 2003 / 2007).
·      Format isi : Judul, nama peserta (boleh menggunakan nama pena) contoh: Bintang kelas, Oleh: Rarake Fire, isi karya, diakhir karya sertakan narasi singkat biodata peserta yang berisi nama, asal instintusi/sekolah, TTL, no.Hp, e-mail, facebook, alamat, dan minat dalam menulis.
·      Batas maksimal pengumpulan karya pada 09 Desember 2015 pukul 21.59 WIB.
·      Biaya Registrasi Rp. 15.000/karya/peserta.
·      Akan diambil Juara 1, 2, dan 3 pada setiap lomba dan pemenang akan mendapatkan Trophy, Piagam Penghargaan, dan Bingkisan spesial dari panitia.

d.       LOMBA CIPTA PUISI
·      Tema Puisi Pahlawanku.
·      Deskripsi Tema: Peserta diminta membuat sebuah puisi dengan tema “Pahlawanku”, tidak harus tokoh-tokoh pahlawan terdahulu tapi juga bisa orang-orang yang sangat berjasa buat pribadi peserta seperti Ibu, Ayah, Guru, Kakak, dan lainnya.
·      Format penulisan:  Font Consolas, Ukuran 11pt, Margin standar 3cm pada setiap sisi, spasi 1,5. Ukuran kertas A4 maksimal 1 halaman “tidak termasuk biodata narasi peserta” (Save pada Ms.Word 2003 / 2007).
·      Format isi : Judul, nama peserta (boleh menggunakan nama pena) contoh: Sanubari Cinta Ibu, Oleh: Iznu Riqueza, isi karya, diakhir karya sertakan narasi singkat biodata peserta yang berisi nama, asal instintusi/sekolah, TTL, no.Hp, e-mail, facebook, alamat, dan minat dalam menulis.
·      Batas maksimal pengumpulan karya pada 09 Desember 2015 pukul 21.59 WIB.
·      Biaya Registrasi Rp. 15.000/karya/peserta.
·      Akan diambil Juara 1, 2, dan 3 pada setiap lomba dan pemenang akan mendapatkan Trophy, Piagam Penghargaan, dan Bingkisan spesial dari Panitia.

3.       Tanggal Penting
·         11 November – 30 November  : Sosialisasi Lomba
·         16 November – 07 Desember  : Pendaftaran Lomba
·         16 November – 09 Desember  : Pengumpulan Karya
·         14 Desember 2015                     : Pengumuman 10 Karya terbaik
·         18 Desember 2015                     : Final Presentasi Top 10 Karya
·         22 Desember 2015                     :
Pengumuman Juara dan Penyerahan Hadiah saat Talkshow Kepenulisan IAIN Surakarta Membaca 2015.

4.       Contact Person Panitia
Telp/Sms                    : 085728933661 (Fitria) / 08562221916 (Dafit)
Fanspage                     : LKPM Seribu Pena IAIN Surakarta
Email                            : Selalugenius09@ymail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar